google-site-verification: googlea9bbb7b8e027c698.html Pemimpin Visioner: Pengertian Kepemimpinan Kristen

Friday, January 20, 2012

Pengertian Kepemimpinan Kristen

Kepemimpinan Kristen ialah "Suatu proses terencana yang dinamis dalam konteks pelayanan Kristen (yang menyangkut faktor waktu, tempat dan situasi khusus) yang di dalamnya oleh campur tangan Allah, Ia memanggil bagi diri-Nya seorang pemimpin (dengan kapasitas penuh) untuk memimpin umat-Nya (dalam pengelompokkan diri sebagai suatu institusi/organisasi) guna mencapai tujuan Allah (yang membawa keuntungan bagi pemimpin, bawahan dan lingkungan hidup) bagi dan melalui umat-Nya, untuk kejayaan Kerajaan-Nya.
  • Sama seperti kepemimpinan lain pada umumnya, kepemimpinan Kristen adalah juga suatu proses terencana dan dinamis.
  • Kepemimpinan Kristen juga memiliki "konteks pelayanan" sebagai faktor situasi yang berkaitan dengan unsur waktu, tempat dan situasi khusus dalam konteks hidup yang berbeda, yang memberi kepadanya nilai lebih.
  • Kepemimpinan Kristen memiliki presuposisi yang berkenaan dengan anugerah khusus yang menekankan bahwa Allah dalam kedaulatan-Nya memilih pemimpin Kristen bagi diri-Nya (faktor penentu) yaitu pemimpin yang berkapasitas  (memiliki karunia kepemimpinan, pengetahuan, keahlian serta karakter yang mapan) yang diterapkannya bagi tugas (bukan jabatan/posisi) pelayanan sebagai pemimpin dalam semua kategori.
  • Dalam kepemimpinan Kristen, umat Allah sebagai orang yang dipimpin (suatu kelompok atau suatu organisasi) memiliki tanggung jawab integral untuk secara bersama terlibat dalam pengerjaan pelayanan yang dipercayakan kepada setiap individu.
  • Dalam kepemimpinan Kristen, tujuan Alla adalah dasar utama (yang menjelaskan untuk apa gereja ada) yang di atasnya tujuan umat Allah (sebagai suatu kelompok/gereja/institusi/organisasi) dibangun.
  • Kerajaan Allah adalah tujuan utopi bagi dan dari eksistensi serta tujuan hidup umat-Nya (gereja).
Loading