Diberdayakan oleh Blogger.

PEMIMPIN KRISTEN DAN TUGAS KEPEMIMPINAN

14 Jun 2013

Keberhasilan sebuah organisasi sangat tergantung kepada seorang pemimpin. Demikian juga kegagalan sebuah organisasi juga dipengaruh oleh seorang pemimpin. Pemimpin Kristen dalam menjalankan tugas kepemimpinannya perlu melakukan hal-hal yang sangat penting berkaitan penentu keberhasilan organisasi dalam mencapai cita-cita atau tujuan yang telah ditetapkan.

PEMIMPIN KRISTEN DAN UANGNYA

Uang. Siapapun juga menginginkannya. Beragam cara dipakai untuk mendapatkannya. Baik cara yang diberkati oleh Tuhan maupun cara yang tidak dikehendaki Tuhan. Entah sejak kapan uang telah menjadi pemikat yang luar biasa bagi manusia. Uang telah menjadi segala-galanya.

Pemimpin Kristen tidak terlepas dari pengaruh uang. Pemimpin Kristen membutuhkan uang. Uang dalam urusan kepemimpinan sangat diperlukan. Roda organisasi bisa berputar juga menggunakan uang. Tanpa uang, maka semua kegiatan pemimpin dan organisasi bisa mandeg.

PEMIMPIN KRISTEN DAN BACAANNYA

Pemimpin Kristen yang ingin maju, mau tidak mau harus membaca. Hal ini sangat penting dalam pelayanan seorang pemimpin Kristen. Membaca merupakan salah satu yang paling akurat bagi seorang Pemimpin Kristen untuk mengembangkan kemampuannya dalam memimpin dan melayani Tuhan.

Paulus memakai saat-saat terakhir sebelum mati syahid untuk membaca (II Tim. 4:13).  Orang yang ingin tumbuh secara rohani dan akal budinya akan banyak membaca buku.  Dengan membaca banyak inspirasi akan muncul.  Bacalah Alkitab, buku rohani, biografi dan juga bacaan umum untuk mengerti dunia dan pergumulannya. 

PEMIMPIN KRISTEN DAN WAKTUNYA

Pemimpin harus bisa mengatur waktu dengan memprioritaskan hal utama sebagai hal yang harus diutamakan, yakni menyediakan waktu untuk Tuhan, keluarga dan pekerjaan/pelayanan. Jika seseorang berambisi untuk menjadi unggul, ia harus mengadakan pemilihan dan penolakan, kemudian memusatkan perhatian pada hal-hal yang benar-benar penting.

Ahli filsafat Wiliam James menegaskan bahwa pemanfaatan hidup yang sebaik-baiknya ialah memakainya untuk sesuatu yang akan tetap ada setelah hidup kita berakhir, karena nilai hidup tidak dihitung menurut lamanya, melainkan menurut apa yang telah disumbangkan olehnya. Bukannya berapa lama kita hidup, melainkan bagaimana penuhnya dan baiknya kita hidup.

Pemimpin Kristen Dan Doanya

13 Jun 2013

Seorang pemimpin tidak boleh mendahului para pengikutnya di dalam hal apapun lebih daripada di dalam hal berdoa.  Doa adalah nafas rohani bagi orang Kristen, yang mampu menjangkau hal-hal yang tak terjangkau secara manusia. Percobaan paling berat bagi para pemimpin adalah malas berdoa walaupun tahu doa itu penting.  Untuk itu perlu tekad dan disiplin diri.  

9 Kualitas Pemimpin Kristen

Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang pemimpin harus punya kualitas dalam upaya menjalankan tugas kepemimpinannya. Karena mustahil memimpin tanpa ada kualitasnya. Berikut beberapa kualitas yang harus ada pada diri seorang pemimpin Kristen.

12 Ciri Kepribadian Pemimpin Yang Sehat

Kepemimpinan seorang pemimpin yang sehat sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya ialah faktor kepribadian pemimpin Kristen. Bila kepribadian seorang pemimpin tidak sehat, maka akan mempengaruhi caranya menjalankan kepemimpinannya. Karena itu seorang pemimpin Kristen, disamping harus sudah lahir baru, ia haruslah memiliki kepribadian yang matang/dewasa, antara lain: 

Karakter Pemimpin Kristen

Faktor utama yang harus dimiliki seorang pemimpin Kristen adalah: Integritas.  Paulus pernah menasehati Timotius, “Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu.” (I Tim. 4:16).  Bila kita memiliki karakter yang indah maka akan timbul wibawa rohani, yang membuat orang akan rela mengikuti kita.   Alkitab menuntut persyaratan ketat untuk seorang pemimpin rohani.

Wibawa Pemimpin Rohani

Menurut Paulus, orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan pekerjaan yang indah (I Tim. 3:1). Berarti cita-cita untuk menjadi seorang pemimpin rohani adalah suatu keinginan yang mulia. Memang ada orang ambisius yang mencari kedudukan demi kepentingan diri sendiri, tetapi ada ambisi-ambisi yang mulia dan pantas dihargai dan patut dikejar.  

Apalagi pada zaman Paulus, kedudukan sebagai pemimpin rohani adalah suatu kedudukan yang berbahaya dan menuntut tanggung jawab yang berat. Tidak jarang upahnya adalah kesukaran, hinaan dan penolakan. Pada masa penganiayaan, maka pemimpinlah yang paling dahulu harus menderita. Hal itu terjadi juga pada masa kini.  Lagi pula yang ditekankan bukanlah jabatannya semata-mata, melainkan fungsi sebagai penilik. 

Dasar Dan Pola Kepemimpinan Kristen

Kepemimpinan Kristen memiliki dasar dan pola yang sangat berbeda dengan dasar dan pola kepemimpinan pada umumnya. Di sinilah letak keunikan dari kepemimpinan Kristen yang harus dipahami dan dimengerti oleh setiap pemimpin Kristen.

Dasar Kepemimpinan Kristen

1. Dipilih dan ditetapkan Allah.
 Apakah pemimpin itu dilahirkan atau dibentuk?. Seorang bisa dilahirkan dengan bakat kepemimpinan, namun akan efektif bila dia dibentuk dengan adanya kesempatan, latihan dan pengalaman.  Dalam kepemimpinan rohani, selain bakat dan pembentukan, ada faktor panggilan dan penetapan Allah untuk memimpin.  Contoh: Musa.

Pemahaman Kepemimpinan Kristen

Keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh pemimpin.   Karena itu kepemimpinan yang handal sangat dibutuhkan terutama dalam gereja Tuhan.  
Ada beberapa definisi kepemimpinan secara umum:
  • Lord Montgomery:  “Kepemimpinan adalah kemampuan dan kehendak untuk mengerahkan sekelompok manusia untuk satu tujuan bersama.”
  •  John R. Mott:  “Seorang pemimpin adalah orang yang mengenal jalan, yang dapat terus maju dan dapat menarik orang lain mengikuti dia.”
  • Harry S. Truman: “Seorang pemimpin adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk membuat orang lain suka melakukan sesuatu yang tadinya mereka tidak suka melakukannya.”

Pemimpin Kristen Dan Motivasi

DALAM kehidupan seorang pemimpin, pada umumnya didorong oleh motivasi untuk suatu pekerjaan; ada usaha untuk memimpin orang lain untuk mencapai tujuan yang direncanakannya sebelumnya. Dalam kepemimpinan Kristen, Alkitab memberikan dasar-dasar kepemimpinan yang sangat jelas tentang motivasi para pemimpin. Dalam Alkitab juga kita dapat melihat ada dua macam motivasi yang ada dalam kepemimpinan; motivasi pertama adalah motivasi yang benar dan kedua adalah motivasi yang salah. Motivasi yang benar Dalam I Samuel 16: 7, Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”

Blogger templates

Artikel Terbaru

 

Blogger news

google-site-verification: googlea9bbb7b8e027c698.html

Most Reading