Definisi Kemimpinan

Secara filosofi, kepemimpinan ialah "Suatu proses terencana yang dinamis melalui suatu periode waktu dalam situasi (suatu atau berbagai situasi), yang di dalamnya pemimpin menggunakan:
  • perilaku (pola/gaya) kepemimpinan yang khusus dan
  • sarana serta prasarana kepemimpinan/sumber-sumber (untuk) memimpin (menggerakkan/mempengaruhi)
  • bawahan (pengikut-pengikut) guna melaksanakan tugas/pekerjaan (menyelesaikan tugas) ke arah (dalam upaya pencapaian) tujuan yang menguntungkan (membawa keuntungan timbal balik) bagi pemimpin dan bawahan serta lingkungan sosial di mana mereka ada/hidup). (Clinton 1990:40 dengan impruvisasi).
Dari pengertian di atas, ada beberapa faktor penting dalam kepemimpinan yang harus diperhatikan. Faktor-faktor penting tersebut dapat dijelaskan berikut:
  1. Kepemimpinan adalah proses terencana (bandingkan dengan kepemimpinan informal) yang dinamis (hidup dan terbuka untuk semua kemungkinan).
  2. Dalam kepemimpinan harus ada pemimpin (yang memiliki karakter, integritas, kemampuan, keahlian, pola serta gaya kepemimpinan khas).
  3. Harus ada orang yang dipimpin (yang memiliki karakter, ambisi, motivasi, dan harapan yang berbeda-beda ditunjang oleh komitmen yang pasti serta kematangan diri para bawahan).
  4. Harus ada tujuan khusus (yang olehnya ada tugas/pekerjaan yang akan dilakukan).
  5. Ada waktu dan situasi dimana proses kepemimpinan itu dilaksanakan.
Definisi Kemimpinan Definisi Kemimpinan Reviewed by Yohanes Ratu Eda on 19:28 Rating: 5
Powered by Blogger.