Ciri Pemimpin Yang Berintegritas Par 2

Ciri pemimpin yang berintegritas - Mencermati situasi dan kondisi dunia kepemimpinan akhir-akhir ini, tentu kita merasa miris. Mengapa? Karena para pemimpin baik pemimpin umum maupun pemimpin Kristen menampilkan suatu kehidupan yang menyedihkan secara khusus dari aspek integritas. Dalam pelaksanaan tugas kepemimpin, mereka acap kali melakukan tindakan yang tidak terpuji, dekandensi moral dan perilaku korup yang begitu mengerikan.

Sebagai pemimpin Kristen, tentu kita punya kriteria yang menjadi standar tertinggi dari kehidupan dan perilaku kita di dalam melaksanakan tugas kepemimpinan yang Tuhan percayakan. Pada kesempatan ini, saya akan menyajikan ciri pemimpin Kristen yang berintegritas. Tulisan ini saya buat berseri, agar para pembaca dan pengunjung setia blog ini tidak cepat bosan membaca tulisan ini. Dan lebih khusus dapat menyimak secara seksama keseluruhan dari ciri pemimpin yang berintegritas.

3. Jujur dalam prinsip dan sikap.
Orang sangat mengindentikkan integritas dengan kejujuran. Kata "jujur" seringkali hanya diartikan sebatas mengatakan yang sebenarnya atau tidak berbohong. Padahal kejujuran mempunyai banyak aspek. Alkitab mengatakan tentang kejujuran sebagai berikut: "Jika Ya, hendaklah kamu katakan Ya, Jika tidak, hendaklah kamu katakan tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat" - Matius 5:3-7.


Tuhan Yesus mengajarkan bahwa perkataan, berita, sesuatu atau cerita yang benar (tidak berbohong) tidak memerlukan penegasan apapun sebab di dalamnya sudah terkandung kebenaran dan dapat dipercaya. Orang yang jujur hanya mengatakan apa yang benar tanpa perlu bersumpah demi apapun juga. Kejujuran juga dapat diartikan dengan bertindak tidak munafik.

Alkitab mengatakan demikian: "Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya" - Matius 23:3. Tuhan Yesus mengajarkan orang yang jujur adalah orang yang tidak munafik. Apa yang dikatakan itulah juga yang akan dilakukannya. Juga sebaliknya, apa yang dilakukannya hanyalah apa yang sudah dikatakannya. Hal ini sesuai dengan salah satu makna dari integritas.

Seorang pemimpin harus memiliki kejujuran baik terhadap orang lain maupun diri sendiri. Jujur berarti tidak bercabang lidah, bertindak sportif, terbuka dan berani mengakui kesalahan serta tidak mencari "kambing hitam". Hal ini tidak akan menurunkan wibawa kita, malah membuat orang lain makin respek/menghargai kita. Anda juga butuh bahan kepemimpinan ini: SIFAT DASAR KEPEMIMPINAN KRISTEN PART 1.
Ciri Pemimpin Yang Berintegritas Par 2 Ciri Pemimpin Yang Berintegritas Par 2 Reviewed by Yohanes Ratu Eda on 10:04 Rating: 5
Powered by Blogger.