Ciri Pemimpin Yang Berintegritas 3

Ciri pemimpin yang berintegritas - Mencermati situasi dan kondisi dunia kepemimpinan akhir-akhir ini, tentu kita merasa miris. Mengapa? Karena para pemimpin baik pemimpin umum maupun pemimpin Kristen menampilkan suatu kehidupan yang menyedihkan secara khusus dari aspek integritas. Dalam pelaksanaan tugas kepemimpin, mereka acap kali melakukan tindakan yang tidak terpuji, dekandensi moral dan perilaku korup yang begitu mengerikan.

Sebagai pemimpin Kristen, tentu kita punya kriteria yang menjadi standar tertinggi dari kehidupan dan perilaku kita di dalam melaksanakan tugas kepemimpinan yang Tuhan percayakan. Pada kesempatan ini, saya akan menyajikan ciri pemimpin Kristen yang berintegritas. Tulisan ini saya buat berseri, agar para pembaca dan pengunjung setia blog ini tidak cepat bosan membaca tulisan ini. Dan lebih khusus dapat menyimak secara seksama keseluruhan dari ciri pemimpin yang berintegritas.


4. Memiliki ketulusan hati.
Tulus berarti sungguh dan bersih hati (benar-benar keluar dari hati yang suci); jujur; tidak pura-pura; tidak serong; sedangkan ketulusan dapat berarti: kesungguhan dan kebersihan (hati); kejujuran.

Di dalam Perjanjian Lama paling tidak terdapat kurang lebih 16 kali yang umumnya diterjemahkan dengan ketulusan atau tulus hati. Sedangkan di dalam Perjanjian Baru disebut 3 kali dalam Matius 22:16 dan Matius 12:14, dalam The Full Life Study Bible-New International Version, Tuhan Yesus disebut Man of Integrity. Ya di atas ya dan tidak di atas tidak; surat Kristus yang terbuka. Integritas dalam pengajaran (Titus 2:7) sehingga dapat menjadi teladan dalam berbuat baik.

5. Bersikap adil.
Kepemimpinan yang adil, adalah di mana keputusan yang diambil dapat memenangkan semua pihak, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan, namun jika keputusan yang diambil masih terkandung rasa suka dan tidak suka, maka mustahil keadilan akan terwujud.

Dalam Mazmur 58:2, Tuhan menegur kita para pemimpin, apakah kita sebagai pemimpin sudah memberikan keputusan yang adil dan jujur? Sangat ironi memang, jika kita hidup dalam lingkungan di mana Firman Tuhan menjadi panduan, tetapi dalam memberikan keputusan masih didasarkan rasa suka dan tidak suka. 

Tentunya hal ini Tuhan tidak berkenan dan tentunya juga bagi sementara orang hal ini akan menimbulkan luka-luka batin yang menyakitkan. Kepemimpinan yang adil berarti pemimpin tersebut bersifat netral dan hanya berpihak kepada kebenaran. Anda juga butuh bahan kepemimpinan ini: SIFAT DASAR KEPEMIMPINAN KRISTEN PART 1.
Ciri Pemimpin Yang Berintegritas 3 Ciri Pemimpin Yang Berintegritas 3 Reviewed by Yohanes Ratu Eda on 10:19 Rating: 5
Powered by Blogger.