Ciri Pemimpin Yang Berintegritas Part 4

Ciri pemimpin yang berintegritas - Mencermati situasi dan kondisi dunia kepemimpinan akhir-akhir ini, tentu kita merasa miris. Mengapa? Karena para pemimpin baik pemimpin umum maupun pemimpin Kristen menampilkan suatu kehidupan yang menyedihkan secara khusus dari aspek integritas. Dalam pelaksanaan tugas kepemimpin, mereka acap kali melakukan tindakan yang tidak terpuji, dekandensi moral dan perilaku korup yang begitu mengerikan.

Sebagai pemimpin Kristen, tentu kita punya kriteria yang menjadi standar tertinggi dari kehidupan dan perilaku kita di dalam melaksanakan tugas kepemimpinan yang Tuhan percayakan. Pada kesempatan ini, saya akan menyajikan ciri pemimpin Kristen yang berintegritas. Tulisan ini saya buat berseri, agar para pembaca dan pengunjung setia blog ini tidak cepat bosan membaca tulisan ini. Dan lebih khusus dapat menyimak secara seksama keseluruhan dari ciri pemimpin yang berintegritas.

6. Bersikap setia.
Beberapa kata setia di dalam Alkitab diterjemahkan dari pistos. Kata pistos memuat makna setia (faithful), loyal, dapat diandalkan (reliable), dapat dipercaya (trustworthy), dan percaya/beriman pada bosnya (trustful). Sehingga, seorang hamba yang pistos pastilah mempunyai ciri setia, loyal, dapat diandalkan, dan dapat dipercaya.


Implikasinya, seorang yang setia pasti juga bertanggung jawab dan berkomitmen. Seorang pemimpin Kristen yang berintegritas sadar bahwa dia adalah hamba Tuhan dan dipilih oleh Allah untuk menjadi pemimpin. Dia harus setia kepada Allah yang sudah mengutusnya. Seorang pemimpin Kristen juga harus setia kepada organisasi yang dipimpinnya. Sikap setia juga dapat diartikan lebih luas, yaitu setia kepada keluarganya, istrinya dan keyakinannya.

7. Menjadi teladan bagi orang lain.
Kebutuhan yang paling mendesak saat ini akan pemimpin bukanlah pemimpin yang paling cepat, paling pintar, paling hebat, tetapi pemimpin seperti Kristus. Pemimpin yang memimpin melalui teladan. Jika seorang pemimpin benar dari dalam, maka perilakunya di luar akan benar.

Memimpin yang efektif melalui teladan. Orang lebih cenderung melakukan apa yang mereka lihat. Keterlibatan pribadi pemimpin menunjukkan bahwa hal itu penting. Perilaku merupakan khotbah yang paling efektif. Meneladani juga membantu orang lebih memahami peran yang diharapkan. Seorang pemimpin yang baik dan berkualitas akan dinobatkan anak buahnya sebagai panutan. Bukan hanya didasarkan pada hubungan emosional, pertemanan, kekeluargaan dan kekerabatan.

Tetapi lebih jauh dari itu semua, yaitu ditentukan oleh sejauh mana ia dapat memberikan contoh dalam sikap, tutr kata dan perilaku sehari-hari. Seorang pemimpin yang baik dan berkualitas berani bertanggungjawab atas apa yang dikatakannya dan dilakukannya, sehingga ia harus tahu betul hal-hal yang seharusnya tidak dikatakan atau dilakukan dan seharusnya dikatakan atau dilakukan.

Bila seorang pemimpin mampu menjadi panutan bagi orang yang dipimpinnya, ia akan berhasil menjadi pengayom dan pelindung bawahannya. Ia bisa memberikan rasa aman dan tenang pada anak buah, karena ia dinilai tidak cuma berkualitas dari sisi kerja tetapi juga dari sisi pribadi. Anda juga butuh bahan kepemimpinan ini: SIFAT DASAR KEPEMIMPINAN KRISTEN PART 2.
Ciri Pemimpin Yang Berintegritas Part 4 Ciri Pemimpin Yang Berintegritas Part 4 Reviewed by Yohanes Ratu Eda on 10:42 Rating: 5
Powered by Blogger.