Manfaat Target Dalam Tugas Kepemimpinan

Pemimpin dalam melaksanakan tugas kepemimpinan, salah satu faktor yang harus menjadi perhatian dari seorang pemimpin ialah target kepemimpinan. Pemimpin harus mampu menetapkan dan menentukan target yang harus dicapai di dalam melakukan tugas kepemimpinan. Target memiliki hubungan erat dengan program yang dicanangkan oleh pemimpin dalam sebuah organisasi. Program yang dilaksanakan harus ada batas waktu penyelesaian dan pencapaian.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dalam tataran organisasi, pemimpin harus memiliki target kerja yang pasti dan tepat waktu. Karena hal itulah yang akan menentukan prestasi kerjanya tingg atau rendah.

Untuk bisa memperoleh kesuksesan dalam kepemimpinan, seorang pemimpin harus memiliki target. Apa keuntungannya bagi seorang pemimpin bila ia memiliki target dalam kepemimpinannya? Berikut ini beberapa keuntungan yang diperoleh dengan adanya target dalam kepemimpinan seorang pemimpin.

1. Target memberi motivasi
Dengan adanya target dari seorang pemimpin, maka hal itu akan memberi semangat dan daya juang tinggi kepada pemimpin untuk mewujudkan target kepemimpinannya. Artinya, pemimpin bekerja untuk target dan sebaliknya target-target itu bekerja untuk pemimpin. Target memberi sasaran yang jelas untuk dicapai. Jika Anda menjalankan dan menyelesaikannya, maka Anda akan mendapatkan perasaan puas dan lega.


2. Target memacu keinginan
Sering kita berjumpa dengan pemimpin yang tidak bahagia dengan kehidupan dan keadaan sekelilingnya. Salah satu pemicu dari kondisi tersebut ialah karena pemimpin tidak mempunyai gambaran yang jelas tentang kehidupan yang mereka inginkan. Mereka tidak punya target untuk meningkatkan kualitas kehidupan mereka, juga tidak punya arah yang akan mereka tuju. Akibatnya, mereka terus saja hidup dalam keadaan yang sama tanpa ada usaha untuk mengubahnya. Sebaliknya, pemimpin yang bahagia dengan kehidupan dan kepemimpinannya adalah pemimpin yang tahu dengan jelas gambaran kehidupan yang dia inginkan. Ada target-target spesifik yang disusunnya, sehingga ia memacu keinginannya untuk mencapainya.

3. Target memacu cara kerja
Cara pemimpin mengatasi masalah kepemimpinan sangat bergantung pada caranya memandang targetnya. Kalau pemimpin mempunyai target yang dianggap tidak penting, maka pekerjaan yang dilakukannya untuk menyelesaikannya pasti asal saja. Sebaliknya, kalau target-target dianggap sangat penting, maka penyelesaiannya pasti dilakukan dengan serius.

Oleh sebab itu, amatlah penting untuk menyusun target berdasarkan visi kepemimpinan Anda. Jika target Anda mendorong visi Anda, maka usaha Anda untuk menyelesaikan target itu semakin kuat.

Manfaat Target Dalam Tugas Kepemimpinan Manfaat Target Dalam Tugas Kepemimpinan Reviewed by Yohanes Ratu Eda on 11:01 Rating: 5
Powered by Blogger.