Prinsip Delegasi Yang Efektif

Prinsip delegasi yang efektif ~ Kita dapat mempelajari prinsip delegasi dari apa yang dialami oleh Musa. Musa yang sudah memimpin bangsa Israel lepas dari perbudakan di Mesir. Saat itu mertu Musa, Yitro, datang ke tempat perkemahan Musa di dekat gunung Tuhan, dan Yitro melihat apa yang dilakukan Musa dengan prihatin - Keluaran 18:14. Kemudian, Yitro memberikan petuahnya kepada Musa. Kiranya nasihat Yitro ini dapat kita indahkan juga pada masa sekarang ini.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: "Bagaimana supaya proses delegasi tugas dan kewenangan dapat menjadi efektif?" Ada beberapa hal yang bisa membuat proses delegasi itu dapat menjadi efektif, yaitu:

1. Jangan melakukan segala sesuatu sendirian - Keluaran 18:17-18.
Musa melakukan segala tugas kepemimpinannya seorang diri. Ia bekerja dari pagi sampai petang untuk menyelesaikan permasalahan bangsa Israel, baik itu permasalahan kecil maupun permasalahan yang besar. Yitro mengatakan bukan seperti itu caranya. Sehebat apa pun Anda, sesehat apa pun Anda, Anda tidak akan bisa melakukan segala pekerjaan kepemimpinan Anda seorang diri.


2. Rendah hati mendengarkan nasehat - Keluaran 18:19.
Dalam ayat, kita bisa membaca Yitro memberikan nasihat untuk Musa dan Musa mendengarkannya dengan kerendahan hati. Ia tidak buru-buru membantahnya. Hasilnya, Anda tahu sendiri, Musa mendapatkan manajemen kepemimpinan yang lebih baik dari Yitro. Terkadang, untuk mendelegasikan suatu tugas pun, kita perlu masukan dari orang yang kita anggap lebih tahu dan berpengalaman.

3. Cari orang yang hidupnya benar - Keluaran 18:21.
Ytro menasihati Musa supaya Musa mengangkat pemimpin yang memiliki karakter yang baik, yaitu orang yang taat dan tidak suka melakukan tindakan yang menyalahi peraturan. Untuk apa mendelegasikan tugas pada orang yang pintar dan berpengalamn tetapi dia susah diatur? Bukankah lebih baik orang yang jujur dan tulus dalam mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawabnya?
Prinsip Delegasi Yang Efektif Prinsip Delegasi Yang Efektif Reviewed by Yohanes Ratu Eda on 09:15 Rating: 5
Powered by Blogger.