Seni Melakukan Delegasi Part 1

Seni melakukan delegasi ~ Delegasi adalah suatu langkah manajemen yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, yakni yang mendelegasi dan yang menerima delegasi. Bagi pemberi delegasi, hal ini akan mengurangi beban pekerjaannya sehingga ia bisa fokus mengerjakan tugas utamanya.

Sedangkan bagi yang menerima delegasi, hal ini akan mengembangkan kepercayaan dirinya dan bahkan skillnya di kemudian hari. Nah berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mendelegasikan suatu tugas.

1. Delegasikan sejak dini.
Mendelegasikan tugas pelayanan Anda sedini mungkin akan lebih baik daripada ketika Anda sudah mengerjakan tugas tersebut kemudian Anda meminta bantuan kepada orang lain. Biasanya pendelegasian ini menyangkut hal-hal yang tidak begitu rumit, tidak begitu memerlukan tanggung jawab yang besar, dan kalaupun ada kesalahan dalam pengerjaannya, kesalahan itu dapat diperbaiki.



2. Tentukan tugas.
Pastikan Anda sudah memiliki daftar tugas yang akan Anda delegasikan kepada orang yang Anda percaya dengan sejelas-jelasnya. Hal ini dapat memudahkannya untuk mengetahui tugas pelayanannya sehingga dia dapat melaksanakan tugas dengan baik. Selain itu, Anda dapat mengatakan mengapa memilih dia, hal ini dapat membuatnya mengerti bahwa dia dibutuhkan dan diharapkan akan bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

3. Pilih orang yang tepat.
Delegasikan tugas pelayanan Anda kepada orang-orang yang benar-benar memiliki kemampuan untuk melakukan tugas yang Anda berikan. Ketika ada tugas yang harus segera diselesaikan dan membutuhkan pemikiran dari orang yang ahli di bidang tersebut, maka Anda harus benar-benar mencari orang yang berpengalaman di bidang itu. Misalnya, tugas itu berkaitan dengan urusan keuangan, maka lebih baik jika Anda mencari orang yang cukup tahu bidang akuntasi.

4. Tenggat waktu.
Berikan tenggat waktu yang masuk akan kepada orang yang Anda beri tugas. Ketika waktu yang biasanya Anda perlukan setengah jam, dan Anda memintanya hanya menyelesaikan selama sepuluh menit, tentu tidak masuk akal. Berikan batas waktu yang sesuai porsi dan kemampuannya agar orang yang menerima delegasi juga dapat mengatur prioritasnya dengan baik.
Seni Melakukan Delegasi Part 1 Seni Melakukan Delegasi Part 1 Reviewed by Yohanes Ratu Eda on 17:33 Rating: 5
Powered by Blogger.