Seni Melakukan Delegasi Part 2

Seni melakukan delegasi ~ Delegasi adalah suatu langkah manajemen yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, yakni yang mendelegasi dan yang menerima delegasi. Bagi pemberi delegasi, hal ini akan mengurangi beban pekerjaannya sehingga ia bisa fokus mengerjakan tugas utamanya.

Sedangkan bagi yang menerima delegasi, hal ini akan mengembangkan kepercayaan dirinya dan bahkan skillnya di kemudian hari. Nah berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mendelegasikan suatu tugas.

5. Mencegah munculnya masalah.
Persiapkanlah orang yang Anda beri tugas pelayanan dengan kemungkinan-kemungkinan permasalahan yang muncul saat melakukan tugas tersebut. Penting untuk memberi tahu siapa orang yang harus dia hadapi dan bagaimana menangani kesulitan yang biasanya terjadi. Bagikan pengalaman masa lalu Anda dengan orang yang akan mengerjakan tugas Anda ini.



6. Berikan kepercayaan.
Ketika Anda mendelegasikan tugas pelayanan kepada orang lain, berusahalah untuk tidak menyetirnya dengan ketat. Jika Anda terlalu mengawasi dan menegurnya, maka dia akan takut melakukan tugas yang Anda delegasikan tersebut dan hasilnya mungkin saja akan mengecewakan bagi Anda maupun orang tersebut. Berikan kepercayaan kepadanya sehingga dia dapat melakukan tugasnya dengan lebih bertanggung jawab dan sebaik mungkin. Monitoring perlu dilakukan, namun cukup lakukan itu dengan misalnya bertanya: "Bagaimana, tugas yang saya berikan kemarin tidak serumit yang dibayangkan, bukan?" atau "Ada masalah dalam pengerjaannya?"

7. Pemeriksaan pekerjaan.
Biasakanlah untuk meminta laporan dari orang yang Anda beri delegasi. Tentukan kapan Anda dapat memeriksa laporan darinya. Beritahukan juga bagaimana jenis laporan yang Anda inginkan dan bicarakan juga hal yang ingin Anda tindak lanjuti dari laporan tersebut jika memang diperlukan.

8. Evaluasi pekerjaan.
Lihatlah pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang Anda beri tugas. Apakah sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan ataukah lebih baik? Jika dia melakukan pekerjaan Anda dengan lebih baik, maka Anda sudah seharusnya untuk memberinya penghargaan atau sekadar pujian. Jika pekerjaan tersebut tidak berjalan dengan baik, maka Anda harus mencari di mana letak kesalahan itu dan mencari jalan keluarnya.
Seni Melakukan Delegasi Part 2 Seni Melakukan Delegasi Part 2 Reviewed by Yohanes Ratu Eda on 17:45 Rating: 5
Powered by Blogger.