Ciri Pemimpin Yang Berintegritas 1

Ciri pemimpin yang berintegritas ~ Peneliti kepemimpinan James Kouzes dan Barry Posner dalam buku mereka yang berjudul Credibility: How Leaders Gain and Lose It, Why People Demand It  melaporkan hasil riset mereka selama hampir 20 tahun dari survei terhadap ribuan kaum profesianoal dari empat benua bahwa karakteristik nomor satu paling kritis bagi seorang pemimpin adalah integritas.

Apa itu integritas?
John Maxwell mengatakan, bahwa “Dari semua kualitas kepemimpinan yang ada, maka integritas adalah yang terpenting.” Seorang pakar kepemimpinan Werren Bennis mengungkapkan, bahwa “Integritas adalah fondasi untuk membangun rasa percaya (trust). 

Menurut Sandjaya, “Integritas dimengerti sebagai wholeness, completeness, entirety, unified. Keutuhan yang dimaksud adalah keutuhan dalam seluruh aspek hidup, khusunya antara perkataan dan perbuatan. Defenisi ini didukung oleh John Maxwell yang mengatakan, bahwa “Integrity build trust, integrity has high influence value, integrity facilitates high stantards, and integrity result in a solid repotation, not just image.” 

Seperti yang Yakobus katakan, “Dan biarlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun,” (Yakobus 1:4).


Integritas dapat disimpulkan sebagai keutuhan yang melibatkan seluruh aspek kehidupan yang dinyatakan dalam kesatuan antara perkataan dan perbuatan, di mana apa katakan oleh pemimpin itulah yang dilakukannya, sehingga ia dapat dipercaya, disegani dan dihormati oleh orang-orang yang dipimpinya.

Integritas bagi seorang pemimpin merupakan alat yang sangat kuat untuk memimpin dan dapat meningkatkan kredibilitasnya di mata orang-orang yang dipimpinnya. Ciri-ciri integritas yang sangat penting menurut Jonatahan Lamb, yaitu: 1) Ketulusan: motivasi yang murni, 2) Konsistensi: menjalani kehidupan sebagai suatu keseluruan, dan 3) Keandalan: mencerminkan kesetiaan Allah. 

Ciri pemimpin yang berintegritas
1. Pemimpin yang memiliki ketulusan
Pemimpin yang tulus adalah pemimpin yang memiliki motivasi yang murni. Kemurnian dari motivasi pemimpin dapat ditunjukan melalui transparansi hidup, kerelaan hati dan keterusterangan. 

Larry Keefauver mengatakan, bahwa “Pemimpin mempraktekkan apa yang pemimpin ucapkan, di balik pintu yang tertutup bersama orang lain, di tempat-tempat yang jauh dan dengan mereka yang paling karib dengan pemimpin. 

Pemimpin yang hidup transparan atau terbuka tidak memiliki sesuatu yang perlu disembunyikan atau ditakuti. Hidup mereka yang transparan bagai surat yang terbuka. Surat Paulus kepada jemaat Korintus, mengatakan “Kamu adalah surat pujian kami yang ditulis dalam hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang (2 Korintus 3:3).”

Paulus menegaskan bahwa kehidupan orang-orang percaya seharusnya dapat dilihat dan dikenali oleh orang-orang lain sebagai pengikut Kristus, demikian juga pemimpin dapat dikenali dengan baik oleh orang-orang yang dipimpinnya. 

Pemimpin yang berintegritas selalu memiliki kerelaan hati. Kerelaan hati yang diperlihatkan oleh pemimpin dapat dilihat ketika ia memberikan yang terbaik kepada organisasinya maupun orang-orang yang dipimpinnya. Pemberian yang terbaik dapat berupa waktunya, perhatiannya, tenaganya dan pikirannya untuk memajukan organisasi yang dipimpinnya tanpa menuntut imbalan yang harus ia terima. 

Pemimpin yang tulus akan senantiasa hidup dalam kejujuran. Kejujuran menyatakan satu kata satu perbuatan. Jonatahan Lamb mengatakan, “Pemimpin dengan integritas adalah seorang yang mempunyai kepribadian utuh dalam kata dan perbuatan. 

Sebagaimana perilakunya di depan umum, begitulah kenyataan kehidupannya.  Sebagai seorang pemimpin, ia selalu melakukan apa yang dikatakannya dan mengatakan apa yang dilakukannya. Kejujuran dalam sikap adalah bagian yang sangat penting dari kehidupan seorang pemimpin. Matius 5:37, mengatakan “Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.”
Ciri Pemimpin Yang Berintegritas 1 Ciri Pemimpin Yang Berintegritas 1 Reviewed by Yohanes Ratu Eda on 10:26 Rating: 5
Powered by Blogger.